Tuesday 1 April 2014

Posisi Tubuh Yang Tepat Untuk Memberikan ASI

Bagi para ibu yang pertama kali menyusui bayinya, tentu pernah mengalami rasa bingung bagaimana menentukan posisi tubuh yang tepat untuk memberikan asi pada bayinya. Tentu saja saat di rumah sakit bersalin para ibu telah mendapatkan saran dan pelatihan. Selain itu ibu kandung, mertua, kerabat maupun para sahabat tentu telah memberikan masukan dan nasihat juga. 

Kami di Rays Little World akan membantu menyegarkan ingatan anda akan posisi tubuh yang tepat untuk memberikan ASI. Panduan ini diberikan dengan bantuan gambar sehingga memudahkan para ibu untuk mengetahui dengan pasti posisi tubuh yang tepat tersebut. Silahkan mempelajari panduan yang kami berikan di sini.

Posisi Menyusui Bayi Kembar

Apabila anda memiliki bayi kembar, anda mungkin memilih untuk menyusuinya terpisah. Tetapi apabila anda hendak menyusui mereka pada waktu yang sama, cobalah posisi memegang bola dengan satu bayi pada setiap lengan. Pegangnya bayi anda pada satu sisi, dengan siku anda terlipat. Punggung bayi anda bersender pada sisi lengan bagian dalam. Agar lebih nyaman, letakan bantal pada pangkuan anda dan gunakan kursi lebar yang memiliki senderan tangan yang rendah.

Posisi Menyusui Gendongan Silang

Menyusui bayi terasa aneh saat pertama kalinya. Cobalah terus dengan berbagai posisi hingga anda merasa nyaman. Posisi menyusui gendongan silang ini sangat cocok untuk menyusui bayi pada tahap awal. Duduklah dengan tegak pada kursi nyaman yang memiliki senderan tangan. Letakanlah bayi anda di depan tubuh anda, dengan perut bayi menempel pada perut anda. Peganglah bayi anda dan tahan dengan lipatan siku bagian dalam lengan anda yang berseberangan dengan payudara yang akan menyusui anak anda - tangan kiri untuk payudara kanan, tangan kanan untuk payudara kiri. Tumpulah punggung bagian atas dekat kepala bayi anda dengan telapak tangan anda. Dengan tangan yang satu lagi, tumpulah payudara anda dari bawah dengan genggaman tangan membentuk U. Pandulah mulut bayi anda ke payudara anda. Jangan membungkuk atau mengerakan badan anda ke depan. Tetapi boponglah bayi anda mendekat ke payudara anda.
Posisi Gendongan

Posisi gendongan hampir sama dengan posisi gendongan silang, tetapi anda menopang bayi anda dengan sisi lengan yang sama dengan payudara anda, dan bukan pada posisi yang berlawanan. Sama dengan posisi gendongan silang, duduklah dengan tegak jika bisa pada kursi dengan senderan tangan. Gendonglah bayi anda pada lengan anda, dengan kepala bayi anda bersender dengan nyaman pada lipatan dalam siku dan muka bayi menghadap payudara anda. Untuk membantu menopang, letakanlah bantal pada pangkuan anda.

Posisi Mendekap Bola

Posisi menyusui bayi lainnya adalah mendekap bola. Posisi ini merupakan pilihan tepat bila anda sedang dalam pemulihan setelah operasi Cesar atau anda memiliki payudara yang besar. 

Dekaplah bayi anda pada sisi tubuh anda dengan siku anda terlipat. Dengan tangan terbuka, topanglah kepala bayi anda dan posisikanlah bayi anda menghadapi payudara anda. Tahanlah punggung bayi dengan sisi dalam lengan anda. Akan sangat membantu bila anda menopang payudara anda dengan genggaman berbentuk C dengan tangan anda yang satu lagi. Untuk kenyamanan, letakanlah bantal pada pangkuan anda dan gunakan kursi lebar dengan senderan tangan rendah.

Posisi Berbaring

Posisi berbaring mungkin cocok bila anda sedang lelah - Harap diingat, sangat penting untuk bayi anda kembali ke tempat tidurnya sendiri untuk tidur. 

Berbaringlah pada satu sisi dan hadapkan bayi anda pada payudara anda dengan menopangnya dengan satu tangan. Dengan tangan yang satu lagi, genggamlah payudara anda dan sentuhkan puting payudara anda pada bibir bayi anda. Saat bayi anda mulai menyusu, gunakan satu tangan untuk menopang kepala anda dan satu tangan lagi membantu menahan bayi anda.


Demikianlah panduan untuk posisi tubuh yang tepat saat memberikan ASI kepada bayi anda selesai kami bahas. Terima kasih kepada Mayo Clinic untuk gambar dan artikelnya.

Silahkan terus memantau blog kami untuk panduan bayi berikutnya! Jangan lupa untuk mampir dan memberikan jempol "like" pada facebook page kami di sini.

Have a nice day for you and your baby!!


Disadur dan diterjemahkan dari:
Mayo Clinic. Slide show: Breast-feeding positions. Mayo Clinic. [ONLINE] Available at:  http://www.mayoclinic.org/healthy-living/infant-and-toddler-health/multimedia/breast-feeding/sls-20076017
[Accessed 31 March 2014].

No comments:

Post a Comment