Thursday 10 April 2014

Merawat Bayi Yang Baru Lahir: 10 Tip Untuk Orang Tua Yang Stress

Menjaga anak anda sepanjang hari dapat merubah hidup anda menjadi terbalik. Dengan kelahiran anak akan mendatangkan kesibukan yang besar dan kebahagiaan dalam hidup anda serta membawa stress dan kelelahan.

Bila anak tersebut merupakan anak pertama, biasanya stress yang dialami akan lebih besar karena orang tua harus beradaptasi dan belajar hal-hal baru.

Oleh karena itu apabila anda menjadi orang-tua pertama kalinya atau sudah berpengalaman, cobalah 10 tip praktis ini untuk menjaga agar stress yang anda alami dapat terkontrol.

1. Jaga diri anda sendiri

Jangan mengandalkan kafein sebagai sumber makanan anda atau pengganti untuk tidur. Tetapi makanlah makanan sehat, minum banyak air dan hiruplah udara segar. Tidurlah ketika bayi anda tidur - dan buatlah jadwal malam hari dengan pasangan anda agar anda berdua dapat beristirahat dan merawat bayi. Kerjakan hal yang anda nikmati tiap hari sendirian atau bersama dengan bayi anda. Kebiasaan yang baik akan membantu mempertahankan tenaga anda untuk merawat bayi anda.

2. Tetapkan peraturan berkunjung

Teman dan orang yang anda cintai akan datang secara tiba-tiba untuk mengagumi anak anda yang baru lahir. Katakan kepada mereka hari apa yang tepat dan waktu yang anda miliki untuk kunjungan mereka. Mintalah para tamu anda untuk mencuci tangan mereka sebelum menyentuh bayi anda dan katakanlah kepada yang sakit untuk tidak datang dahulu. Janganlah segan untuk mengabaikan keramah-tamahan. Mintalah ke tamu yang anda percayai untuk membantu menjaga bayi sehingga anda bisa beristirahat.


3. Ikutilah aliran

Sediakanlah waktu yang cukup untuk sesi merawat anak, tidur dan mengatasi tangisan. Buatlah agar aktivitas yang terjadwal lebih sedikit. Bila anda butuh waktu untuk keluar, berikanlah waktu kepada diri anda untuk menyiapkan suplai yang cukup untuk mengganti popok saat di luar nanti.

 
4. Bersiaplah akan perubahan emosi yang cepat

Anda akan merasa sangat menyayangi bayi anda dan mengagumi jari-jarinya yang kecil dan jempol kaki lalu merasa kehilangan kebebasan anda dan khawatir dengan kemampuan anda merawat bayi anda dalam waktu singkat saat mengganti popok. Biasanya anda dan pasangan anda berdua merasa lelah dan tegang. Untuk membuat anda berdua tetap bersatu, diskusikanlah apa yang menggangu diri anda seperti anggaran yang terbatas atau kesulitan menenangkan bayi. Ketawa bersama dapat meringankan mood anda.

5. Kurangi standar anda

Simpanlah sapu anda dan biarkanlah debu pada tempatnya. Simpan baju bersih anda di keranjang baju atau tumpuklah di lantai hingga anda hendak menggunakannya. Bersihkan kamar mandi anda dengan tissue basah. Hidangkanlah sereal dingin dan roti panggang dengan selai kacang untuk makan malam bila anda sudah terlalu lelah untuk menyediakan makan malam.

6. Keluar dari rumah

Bila anda merasa mulai gila dengan bayi anda yang terus merengek, bawalah bayi anda keluar jalan-jalan. Bila anda bisa, mintalah orang yang anda percayai untuk mengambil alih menjaga bayi anda.



7. Terimalah pertolongan

Bila teman atau saudara anda menawarkan bantuan, terimalah bantuan tersebut. Mintalah mereka untuk menggendong bayi, melipat pakaian atau membantu anda melakukan hal lain yang anda rasa akan sangat membantu anda.

8. Jagalah hubungan lain anda

Bayi anda yang baru lahir membutuhkan cinta dan perhatian anda, tetapi anda tidak mau mengabaikan bayi anda dengan meluangkan waktu dengan orang lain. Bila anda ada anak yang lebih tua, siapkan waktu untuk bersama mereka sesekali. Jadwalkan kencan dengan pasangan anda. Buatlah acara untuk makan siang atau menonton bioskop dengan teman anda.

9. Jagalah perspektif anda
Waktu yang anda gunakan merawat bayi yang baru lahir tidak akan lama. Cobalah renungkan dan hargai waktu ini walaupun di saat kekacauan sedang timbul.

10. Ketahui kapan saat anda membutuhkan bantuan

Menjadi orang tua merupakan suatu tantangan. bahkan pada waktu yang tepat. Bila anda depresi atau mempunyai kesulitan dengan anak anda yang baru lahir, konsultasikanlah dengan dokter atau psikiater anda. Cobalah untuk mengatasi stress baru dalam hidup ini dapat membantu anda menikmati kesenangan yang dapat timbul dari menjadi orang tua.



Semoga artikel ini dapat membantu anda para orang tua baru maupun yang telah menjadi orang tua!! Salam hangat dari Rays Little World!!


Disadur dan diterjemahkan dari:
Mayo Clinic. October 2012. Newborn care: 10 tips for stressed-out parents. Mayo Clinic. [ONLINE] Available at:  http://www.mayoclinic.org/healthy-living/infant-and-toddler-health/in-depth/newborn/art-20045498?pg=1 [Accessed 7 April 2014].

No comments:

Post a Comment