Thursday 1 January 2015

Apa itu Sustainability Atau Pembangunan Berkelanjutan? Apa hubungannya Dengan Pakaian Atau Baju Bayi?

Apa itu sustainability dan apa perananannya dalam pembuatan suatu produk misalnya pakaian bayi? Mengapa ada merek yang memberikan klaim bahwa produk mereka sustainable atau mengacu kepada sustainable development? Oleh karena itu kami di Rays Little World akan memberikan sedikit informasi kepada para mom and dad agar dapat lebih memahami apa itu sustainable, sustainability dan sustainable development serta apa hubungannya pada suatu produk.

Mari kita coba ambil contoh dari beberapa website luar negeri untuk mencari tahu apa arti dari sustainability. Karena memang konsep akan sustainability ini ditemukan dari luar negeri.

Berdasarkan sustainability.com (2010) dan Vanderbilt University (n.d.) "Sustainability is broadly defined as meeting the needs of the present generation without compromising the ability of future generations to meet their own needs."

Apabila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, Sustainability akan sama persis seperti yang dijelaskan lingkunganku.com (2010), yaitu "Pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini tanpa harus mengorbankan kemampuan generasi masa depan dalam memenuhi kebutuhannya". 


Picture Courtesy of P&G Company
  
Dan masih menurut lingkunganku.com, sisi paling penting adalah memahami bagaimana cara memanfaatkan sumber daya lingkungan yang ada secara bijaksana sehingga tidak menghabiskan cadangan sumber daya lingkungan untuk generasi masa depan.

Masukan lain dari (Sholihat, 2013) yaitu sustainability adalah kemampuan suatu sistem untuk mempertahankan tingkat produksinya yang dibentuk oleh alam dalam kurun waktu jangka panjang.

Beda dari sustainable, sustainability dan sustainable development adalah sustainable merupakan kata sifatnya yang berarti dapat berkelanjutan, sustainability merupakan kata benda yaitu jalan untuk proses tersebut dan sustainable development adalah pengembangan secara berkelanjutan.

Ohh....itu ya arti sustainability!! Aku paham sekarang!
Makanya aku menggunakan baju yang dibuat secara sustainable

Berikut ini adalah beberapa poin yang mencakupi produk yang dibuat dengan proses sustainable:
  • Terbuat dari bahan organik
  • Dibuat dengan proses pembuatan yang aman
  • Tidak akan menggunakan bahan kimia berbahaya
  • Tidak akan melakukan eksploitasi bahan baku yang berlebihan
  • Tidak akan merusak lingkungan dalam jangka pendek dan jangka panjang
  • Para pekerja yang terlibat diperlakukan dan diberikan remunerasi secara adil
  • Mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur-ulang bahan baku, limbah atau sampah yang ada
  • Perusahaan dan karyawannya akan berusaha semaksimal mungkin di dalam menjaga lingkungan dan melakukan penghematan energi dan sumber daya alam

Semoga informasi ini akan dapat membantu para mom and dad untuk lebih kritis di dalam mencari produk untuk bayi yang tercinta. Pastikanlah produk bayi yang anda beli sustainable untuk bumi kita ini karena kita hendak mewarisi bumi ini kepada anak dan cucu kita. Selain itu produk yang dibuat secara sustainable umumnya sangat aman untuk digunakan.

Sudahkah anda membeli produk yang dibuat secara sustainable?


Daftar referensi:

5 comments:

  1. Artikel yang bagus, banyak dari kita yang belum memahami tentang arti sustainability, mudah-mudahan ada tambahan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentarnya Pak Muhammad Juliadi

      Delete
  2. Terima kasih bos, saya sudah lumayan paham sekarang

    ReplyDelete
  3. Perlu ditingkatkan upaya-2 sosialisasi tentang sustainability.! Agar SEMUA pihak sadar dan tidak merusak bumi dan makhluk hidup didalam nya.
    Bersemangat terus mendesiminasikan sustainability. Thanks

    ReplyDelete
  4. Mempertahankan surga dunia itu tanggungjawab manusia sebagai mahluk pariwisata dlm pespektif kekhalifahan

    ReplyDelete