Tuesday 21 April 2015

Ruam Kulit Yang Sering Terjadi Pada Bayi

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai ruam kulit yang biasa terjadi pada bayi. Semoga dengan adanya artikel ini, para Ibu maupun Ayah dapat mengerti akan kondisi ruam kulit yang dialami bayinya dan dapat dengan mudah mengatasinya.


Cradle Cap

Anda tentu akan berharap kulit bayi anda sempurna, tapi ruam bayi dan kondisi kulit seperti cradle cap sangat lumrah. Cradle cap muncul sebagai kerak tebal kekuningan atau bercak berminyak pada kulit kepala bayi. Cradle cap umum terjadi pada bayi yang baru lahir dan menghilang pada umur 6 bulan. Untuk menghilangkannya, cucilah rambut bayi anda dengan shampoo bayi yang ringan lalu lepaskanlah kerak-kerak tersebut dengan sikat kecil berujung lembut. Untuk kerak yang keras, oleskan petroleum jelly (vaseline jelly) atau teteskan minyak mineral pada kulit kepala bayi anda, tunggu beberapa menit, lalu sisir dan shampoo rambut bayi anda. Bila cradle cap tidak hilang, tanyakan kepada dokter bayi anda untuk alternatif pengobatan lain.

Cradle Cap

Ruam Popok

Bercak berwarna merah pada kulit pantat bayi anda umumnya adalah ruam popok, biasanya disebabkan oleh kontak jangka panjang dengan air seni atau feces bayi. Untuk mengobati ruam popok, anginkanlah pantat bayi anda. Gunakan krim ruam kulit atau salep setiap mengganti popok. Anda mungkin harus mencoba beberapa merek dari krim dan salep untuk mendapat yang sesuai dengan bayi anda. Konsultasikanlah dengan dokter bayi anda bila ruam tersebut tidak sembuh atau mulai melepuh. Untuk mencegah munculnya ruam kulit, gantilah popok bayi anda secara rutin, biarkanlah bayi anda tidak menggunakan popok dalam waktu singkat, dan secara teratur gunakan krim atau salep untuk ruam kulit saat pergantian popok.

Ruam Popok


Ruam Panas

Ruam panas muncul sebagai bintik merah yang cerah dan kecil pada kulit bayi anda. Ruam panas biasa muncul pada bayi saat cuaca panas dan lembab - sering disebabkan terlalu banyak memakai baju. Ruam panas biasanya hilang sendiri. Selama masih mengalami ruam panas, pindahkan bayi ke tempat yang lebih sjuk atau berikanlah bayi anda mandi air yang tidak panas. Untuk mencegah ruam panas saat cuaca panas, kenakanlah bayi anda baju yang ringan dan tipis. Saat cuaca dingin, kenakanlah pakaian kepada bayi anda secara berlapis sehingga anda dapat dengan mudah melepas secara bertahap bila dibutuhkan saat suhu udara mulai naik memanas.

Ruam Panas

Jerawat Pada Bayi

Jerawat pada bayi timbul seperti benjolan merah atau putih pada dahi atau pipi bayi. Kondisi ini umumnya terjadi pada bulan pertama setelah kelahiran, biasanya disebabkan dari hormon dari ibu saat kehamilan. Jerawat pada bayi ini biasanya hilang sendiri dalam beberapa bulan. Selama durasi itu, cucilah wajah bayi anda sehari sekali dengan air dan sabun yang ringan. Konsultasilah dengan dokter bayi anda bila jerawat pada bayi anda tidak membaik dalam beberapa bulan atau anda hendak mempertimbangkan pengobatan yang lebih ketat.

Jerawat Pada Bayi


Milia (Bintik Putih)

Banyak bayi lahir dengan milia - bintik putih kecil yang muncul pada bagian hidung, dagu atau pipi. Pada umumnya milia akan hilang sendiri dalam waktu beberapa minggu. Sementara itu anda dapat mencuci muka bayi anda sekali dalam sehari dengan air dan sabun yang ringan.



Milia


Eczema (Eksim)

Eksim pada bayi di tandai dengan  sekumpulan kulit yang kering, bersisik dan gatal. Sesekali kulit tersebut mengeluarkan cairan dan berkerak. Setelah tumbuh lebih dewasa, biasanya eksim ini akan berhenti sendiri. Untuk menangani eksim bayi ini, hindarilah bayi anda dengan suhu ekstrim dan apa saja yang menganggu kulitnya. Mandikanlah bayi anda setiap dua atau tiga hari sekali dan jangan setiap hari. Keringkanlah kulit bayi anda dengan menepuk-nepuknya secara lebut. Gunakanlah salep pelembab yang tidak mengandung wewangian. Konsultasikanlah dengan dokter bayi anda bila eksim ini cukup parah atau tidak membaik.





Semoga informasi ini dapat membantu para Ibu dan Ayah atas gangguan kulit pada bayi anda. Artikel ini hanya untuk penambah informasi dan jangan digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi untuk menangani masalah kulit pada bayi anda. Apabila diperlukan, konsultasikanlah dengan dokter.

Diterjemahkan dari:

Mayo Clinic. Slide show: Common baby rashes. Mayo Clinic. [ONLINE] Available at: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/multimedia/baby-rashes/sls-20076668 [Accessed 21 April 2015].



No comments:

Post a Comment